Selasa, 25 Maret 2008

Vito ikut TPA

Karena makin kasian ngliat Vito yg hari2nya cuma diisi nonton dvd, maen game di kompi atw maen sama ibu, akhirnya pas td ngobrol2 ma tetangga, mw ikutin vito ke TPA deket rumah.. Kenapa nggak dimasukin Play Group aja siy?

Hmm..Kemaren udah sempet menimbang2...Dan smpt survey ke bbrp PG jg. Tapi gw (dan ayahnya juga), merasa blom terlalu perlu. Nyokap Bokap gw jg ngewanti2 si utk gak usah disekolahin dl. Karena mrk mikirnya masih terlalu kecil. Pengalaman adek cowok gw, sekolah dr umur 3 taun. Eh, pas mulai masuk SD malah males skolah. Gitu juga ponakan gw, dari umur 3taun-an gt de masuk PG, pas skrg SD jadi kyk yg capek banget sekolah, walopun gak pernah mogok sekolah siy..Tp kok jadi kasian aja ngliatnya...

Lagian, jaman kita dulu kan gak ada yg model2 PG gitu..Langsung Tk. Malahan ada yg langsung SD. Trus, ngga berarti kita jadi "bodoh" dan gak ngerti apa2 juga kan. Emang skrg 'tuntutan jaman ' udah makin 'gila-gila-an'.. Jaman gw dulu, SD baru diajarin baca kan.. Eh, skrg kok masuk SD harus udah bisa baca...Walah Dalah...

Belom biayanya yg menurut gw sangat2 tidak masuk akal..Ada loh bbrp PG yg biaya masuknya sama kyk masuk ke PTS... Ampun....Yg ada ntar, klo anak mogok sekolah..kita jadi malahin maksain dia, karena..'sayang uang-udah bayar mahal2 juga'..Nah lo....

Bbbrp waktu yg lalu, di Milis SMA gw juga pernah tuh ngebahas soal anak2 sekarang yg terlalu banyak 'dijejelin' kegiatan macem-macem biar jadi 'Anak Super'. Klo mau tau artikelnya, boleh baca
disini

Skrg si,,,gw udah mulai ngenalin huruf dan angka dikit2...Tapi sambil maen aja...klo nyebutin secara lisan si Vito udah bisa.. Nama2 binatang dalam bahasa Inggris dia juga udah banyak juga hafalnya...Sering gw liatin aja gambar2 di buku (koleksi buku-nya vito udh lumayan loh..).. Sengaja, biar di 'cinta' baca kyk emaknya..Hehehe..Klo ayahnya kan gak suka baca...Senengnya Nonton Film...Nurun juga si ke anaknya..Klo udah nonton DVD, aduh bisa dr bangun sampe mw tidur kali..Qiqiqi...

Balik lagi ke TPA ya...jadi dg pertimbangan2 itu, mksdnya si biar dia bisa sosialisasi aja..skrg kan pemalu banget...klo ktmu orang, diem seribu bahasa..Padahal, klo di rumah...Ngoceh gak berenti2...Kasian juga kan, klo sampe gede gak bisa b'gaul...
Lagian di TPA itu kan ada anak tetangga depan rumah, Jasmine dan Dara. Jadi ada temen yg udah dia kenal..

Sore jam 4 berangkat. Bareng Jasmine, Dara, dan Mbak Lita (Maminya 2 anak2 cantik itu).
Sampe sana udah mulai ternyata... Pertama si Vito yg masih takut2 plus malu2 gitu.. Tp trus lama-lama 'berani' juga...Jalan2 kesana kemari...Gw gak larang..Biarin aja....Kan bukan sekolah yg serius juga.. Takutnya klo dipaksa duduk terus, ntar dia 'mogok dateng' lagi.
Trus udah lgsg diajarin Iqra sama Bu Gurunya...Baru Alif - Ba aja siy. Eh, bisa loh..kaget, seneng dan bangga juga ni jadinya..

Ada nyanyi2nya juga...trus nanti juga diajarin mewarnai ktnya...Lumayan lah untuk 'pengenalan' ke Vito sekolah itu kyk apa..Biar ntar klo musti masuk Tk, SD (atw mungkin klo mmg dia seneng bisa masuk PG yg beneran...), dia udah 'siap'...
yang paling penting si dia belajar berani dan bersosialisi dl aja...

Eh, tapi semua yg gw tulis disini ini cuma pendapat gw pribadi aja ya..Yg gak setuju dan sepemikiran Monggo. Masing2 orang (apalagi sbg orang tua) kan punya pemikiran masing2 ya, apalagi yg menyangkut kebaikan si anak kan...

Tidak ada komentar: