Rabu, 05 Maret 2008

Hikmah Sedekah

Seriing banget deh di tv, internet atw dimana gitu gw denger ceramahnya ustdz Yusuf Mansyur soal sedekah. Kebetulan selain Aa Gym (jangan protes yeee....lepas dari masalah poligaminya mnrt gw ceramah2nya dia 'kena' banget), Ustadz Mansyur ini juga Favorit gw.

Klo ngga salah beliau sering bilang utk ngga takut bersedekah..karena pasti akan diganti sama ALLAH dengan rezeki yg berkali-kali lipat (sampe 10x klo ngga salah).

Tadinya si gw cuma menggumam aja dlam hati.."Masa si..."
Tapi kejadian beberapa waktu yg lalu bikin gw bener2 ngga bisa berkata2....

Jadi ceritanya....Tiap hari di komplek rumah gw lewat Tukang Lontong Sayur..Bapak-bapak udah tua, sekitar 60taun-an gt de.. Hampir tiap hari gw beli..Krn selain enak..kasian plus salut juga...Biar udah tua ttp semangat kerja.

Nah...waktu itu...seperti biasa si Bapak lewat. Krn gw buru2 mo pergi, gw gak beli.. Ternyata si Bapak lg ada masalah.. Roda gerobaknya dua2nya bocor..Jadilah si Bapak terseok2 dorong itu gerobak.. Kasian baget si ngelihatnya.. Mana dia bilang klo dagangannya masih banyak..karena jadi lama kan dorong gerobaknya. Aduh, waktu itu bener2 lagi buru2 jadi cuma sempet dengerin dia curhat bntar aja..Tapi di jalan gw kepikiran aja sama si bapak.

Sekitar 2 atw 3 hari kemudian (setelah gw balik nginep dari rempoa), si bapak lewat seperti biasa...Tapi bawa pikulan....waduh....kasian banget...Buru2 gw ambil piring..buat beli dagangannya..Sambil dengerin dia curhat lagi..Belom mampu beli roda..karena harganya mahal..Modalnya aja sehari ngga segitu apalagi untungnya..wah, klo gitu si nggak kebeli2 itu rodanya...

Pas bayar, skalian aja gw kasih 'sekedarnya'. Paling nggak, udah bisa nutupin setengahnya...
Seneng banget pas besoknya si Bapak lewat dengan Gerobaknya lagi dan nggak berenti ngucapin makasih...

Udah aja kejadian itu lewat gitu aja...
Sampe terakhir kmrn gw nginep di rumah mertua...

Mami (mertua gw) kan ambil Produk Kesehatan dagang-an gw.. Trus pas kasih uangnya dimasukin ke amplop dan gak gw cek lagi (masa si depan mertua itung2an hehe..gak sopan kali...)
Sampe rumah pas gw buka amplopnya...Ding..ding..ding....
Ngasihnya kok banyak banget...
Langsung gw telfon Mami kan...."Mam, ini kok uangnya banyak amat...."
Trus dia bilang... "Nggak papa...sama Papi emang disuruh lebihin buat nambah2in modal kamu.."
Hah........Alhamdulillah.....

Langsung deh otak gw berputar (apa sii..)..
Ngehubungin sama kejadian si bapak Lontong Sayur kemaren..
Apa iya ini ya maksudnya....
Aduh, klo emang bener..Berarti emang dahsyat (ngga maskud hiperbola lo..) hikmahnya sedekah ini...Bener2 langsung diganti-n klo emang niatnya ikhlas...
Dan tau nggak...gantinya bukan cuma 10x lipat yg gw dapet.. tapi 60x lipat!!! Beneran looh.....Alhamdulillah banget....


Btw, gw nulis ini bukan maksudnya pamer atw riya loh...Cuma mo sharing aja...Siapa tau berguna..Kali2 aja msih ada yg ragu2 buat beramal...Yo, mulai hari ini sisihin sedikiit aja untuk orang2 yang membutuhkan....

Oia, klo mo tau cerita2 tentang HIKMAH SEDEKAH..Liat aja di blognya Utadz Yusuf Mansyur di http://wisatahati.multiply.com/

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Percayaaaa Nda, kalo emang berkat ga lari kemana koqs ... tapi emang 'memberi' itu ampuhnya minta ampun juga :)

Btw, selaen oriflame, dagang apa lagi siy Bu???

nanda mengatakan...

Thx...udah kasih comment..Kyknya elo ni yg paling rajin..hehehe...
Dagang-an gw....ada pulsa...produk kesehatan (K-LinK).. sama Insya Allah mau bisnis Fashion..Doain ya....

Anonim mengatakan...

asalamualaikum bu, semoga ibu sehat2 bersama keluarga.
saya pikir, apa yang ibu dapat adalah balasan dari sedekah yang ibu berikan pada tukang lontong sayur itu. (lihat albaqarah:261). Namun perlu dipahami bu, yang begitu2 itu bukan kebetulan tapi kepastian dari hukum Allah. Artinya bu setiap yang lepas dari tangan kita (diberikan kepada orang lain) itu pasti kembali. Tahu gak bu manusia itu punya daya gravitasi (seperti bumi). coba ibu baca (Al-Qasshash:84), disitu jelas manusia punya gravitasi. Singkatnya, jika kita buat baik pasti dapat baik, dan jika kita buat buruk pasti dapat buruk, semuanya balik lagi ke kita kan, itu gravitasi manusia kan bu? gravitasi itu pasti, kalau ga percaya lihat aja gravitasi bumi, setiap benda pasti jatuh ke bumi. kesimpulannya jika ingin kaya memang harus banyak sedekah, seperti apa yang dikatakan Nabi Muhammad saw. mau sukses dagang banyakin sedekah, mau-mau apa saja banyakan sedekah, dan jangan lupa sholatnya. maaf ya bu bungan ngeguruin cuma bagi-bagi ilmu saja, saya juga sama sedang buktiin suskses lewat sedekah, dan saya sedang buat bukunya. wasalam

El-Qolam mengatakan...

Terima kasih banget ats artikelnya yang hebat. Aku jadi tergugah nich. Ikut nambahin ya. Ini keutamaan sedekah:
Padada hari kiamat nanti, akan dihadapkan empat jamaah/ golongan diantar ke depan pintu syurga, tanpa melintasi hisab dan siksa. Mereka itu adalah:

1. Orang ‘alim yang mengamalkan ilmunya
2. Haji mabrur yang tidak berbuat kerusakan atas ibadah hajinya
3. Pejuang syahid yang tewas di medan laga
4. Dermawan yang memperoleh hartanya dengan usaha halal dan membelanjakannya untuk fi sabililah tanpa disertai riya

Mereka semuanya berlomba saling mendahului untuk memasuki syurga. Atas perintah Allah, Malaikat Jibril mengajukan beberapa pertanyaan, berikut:

Pertama ia bertanya kepada pejuang yang mati syahid: “Apa amalanmu di dunia, sehingga kamu hendak memasuki syurga diurutan pertama?”. Jawab mereka ”Kami tewas di medan laga semata mencari ridho Allah SWT. Kemudian Jibril bertanya lagi: “Dari mana kamu memperoleh penjelasasn tentang pahala bagi pejuang yang mati syahid?’. Jawab mereka: “Dari para ulama”. Kemudian Jibril berkata: “Peliharalah adab kesopananmu terhadap para pendidik yang mengajarmu dan membimbingmu itu!”.

Setelah itu JIbril melihat kepada Jamah Haji Mabrur dan bertanya dengan pertanyaan yang sama seperti kepada orang yang pertama, dan seterusnya kepada orang yang ketiga, dan keempat. Akhirnya berkatalah orang alim itu: “Ya Tuhanku, keberhasilanku dalam bidang ilmu adalah atas bantuan para dermawan yang bersifat kasih, dan kebaikan mereka”. Maka Allah berfirman: “Benarlah, pernyataan ‘alim itu ya Ridwan, bukakanlah semua pintu syuga hingga para dermawan memasukinya, lalu mereka-mereka itu”

Kisah itu memperlihatkan kepada kita bahwa seorang muslim dapat memasuki syurga dengan tanpa melalui proses hisab dengan berbagai amalannya masing masing. Mereka itu ada empat golongan. Tetapi, manakah yang paling utama dari keempat golongan itu? Kisah itu pula menuinjukan kepada kita, bahwa para dermawanlah yang unggul, Sehingga mereka bisa memasuki syurga pada urutan pertama.

Para sahabat telah menunjukan kepada kita, bagaiman kedermawana mereka masing-masing. Dikisahkan bahwa dalam suatu peperangan Sayidina Usman bin Affan menyedekahkan seribu unta untuk kepentingan perang, lengkap dengan berbagai persenjataanya. Namun diceritakan Sayidina Usman hanya mampu memperoleh delapan ratus unta saja, sehingga sisanya diganti dengan dua ratus ekor kuda perang. Begitu pula sahabat yang lainnya, mereka berlomba untuk memperbanyak sedekah. Ada suatu hadis yang menjelaskan seperti berikut ini:

“Orang dermawan dekat dengan manusia, dekat dengan Allah, dekat dengan syurga, dan jauh dari neraka. Orang kikir itu jauh dari manusia, jauh dari Allah, jauh dari syurga, dan dekat dengan neraka.

Mudah-mudahan kita dijadikan hamba yang memprbanyak sedekah. Amiin.