Selasa, 19 Februari 2008

YA!! Saya bekerja di rumah

by: Dea Haryono

Cukup banyak orang tua yang memutuskan untuk mulai bekerja di rumah. Berbagai alasana yang berujung pada tujuan agar dapat menikmati dan memantau secara maksimal perkembangan buah hati.

Tapi.. ketika hal tersebut mulai dijalani, rasa bangga akan keputusan yang telah dibuat terasa mulai hambar, bahkan muncul rasa tidak percaya diri yang dapat menyebabkan kita minder dari pergaulan.

Parahnya, semua berujung pada ketidaknyamanan terhadap diri sendiri. Mulai sering membentak anak, tidak ramah pada pasangan, merasa tidak punya achievement apapun. Pernah gak sih mengalami hal ini? Well, I do.

Kalau sudah seperti ini, aku berhenti 'berputar'. Kembali menata hati, memberi waktu pada diri sendiri. Biasanya, ini yang aku lakukan...

Seringkali, saat di rumah... Kita merasa dapat melakukan apa saja. Hei... Kita kan bukan orang tua super:-) Gak ada yang bisa.
Mulai tata ulang prioritas harian, mingguan, bahkan bulanan. Jangan pasang target terlalu muluk. Kita hanya bisa melakukan hal bisa kita kerjakan.

Apa itu? Time management. Pilah mana tugas yang sangat penting, penting, atau bahkan yang dapat ditunda. Penataan waktu yang fleksibel membuat kita jadi lebih bebas stress.

Apalagi ya??? Me TIME!!
Ini penting banget lho... Ngerjain bisnis dari rumah, artinya kita berbagi waktu dengan paangan, mengurus anak, housechores yang gak ada habis, sampai kadang lupa, ada diri sendiri yang harus diperhatiin.

Gak perlu merasa terlalu egois, jika week-end kita menyempatkan diri untuk hang-out sama teman-teman, sekedar window-shopping, atau creambath di salon langganan:-)

Kenapa Me TIME penting!!!
Memperhatikan diri sendiri adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Hal kecil ini cukup kok untuk membuat kita segar dan semangat lagi menjalani aktivitas yang gak ada habisnya.

Yang lain? DANDAN!!!
Di rumah emang paling enak dasteran, atau pake baju butut kesayangan. Tapi aura-nya gak terlalu positif.

Contoh kasus nie. Teman saya berbagi gossip, seorang Eyang berusia 74tahun:-)
Mau ambil uang di ATM yang jaraknya cuma 200meter dari rumah, DRESS UP!!! Pake baju bagus, sepatu, bawa tas... Tapi ternyata ini adalah salah satu cara untuk membuat diri kita lebih bahagia.

Pernah, sekali waktu... Saya belajar dandan (gak mungkin donk konsultan oriflame gak tau cara pake produknya sendiri). Hasilnya, ketika kebetulan seorang sahabat dari luar kota berkunjung, bilang gini
"Ya ampun De... Cantik banget. Mau ke mana lo?" (narcis banget ya...)
Bukan apa-apa, kita butuh lho dipuji oleh orang selain, suami/istri atau anak-anak.

Lain lagi kata up*line saya, "Kita boleh belum jadi Director, yang penting gaya-nya dulu aja..."
Bukan artinya beliau mentingin gaya above another thing, tapi... berdandan seperti orang sukses akan membuat kita lebih percaya diri. Itu artinya selangkah menuju sukses.

Kalau eyang yang berusia 74tahun aja bisa, masa' kita gak bisa!

Cuma tiga hal yang keliatannya simple banget ya...
Tapi untuk melaksanakannya dibutuhkan usaha yang tidak sedikit:-) Gak percaya silahkan coba. Jangan lupa hasilnya dishare ke aku.

Tidak ada komentar: