Selasa, 19 Februari 2008

WHAT IF

By: Dea Haryono

Kayaknya sudah jadi impian banyak orang untuk dapat bekerja di rumah. Siapa yang mau kerja dari pagi sampe sore dengan gaji yang gak seberapa? Apapun profesi, ras, ataupun agama kita, kita selalu ingin lebih dari apa yang kita miliki saat ini. Dan jawaban dari semua masalah itu 'sepertinya' adalah bekerja di rumah. Membayangkan kehidupan tanpa harus bangun terlalu pagi dan menghabiskan separuh hari melakukan sesuatu yang tidak terlalu kita sukai, melapor pada atasan yang terlalu superior, seperti sangat menyenangkan:-)

Sekarang coba kita tanya pada diri sendiri, "Bagaimana rasanya jika aku bisa bekerja di rumah, jadi boss untuk diri sendiri?"

Saya akan coba jawab.

Anda akan merasa FANTASTIK. Anda akan memiliki hari yang menyenangkan tanpa harus bangun terlalu pagi untuk pergi ke kantor. Asumsi ini diambil, jika Anda tidak terlalu menyukai pekerjaan Anda. Tapi... jika Anda menunggu waktu menuju ke kantor, dan menyukai seluruh aspek pekerjaan Anda... Rasanya gak perlu dech, untuk membaca artikel ini sampai selesai:-)

Artikel ini ditulis untuk mereka yang belum yakin akan satu hal: tetap pada pekerjaan mereka atau berhenti dan mulai bekerja di rumah. Dengan kata lain, bagi mereka yang ingin bekerja dari rumah.

Keputusan, keputusan, keputusan

Jika Anda memutuskan untuk bekerja dari rumah, Anda benar-benar mencoba menjadi memulai usaha baru atau menjadi net-preneur. Jika ya, keputusan ini bukan hal yang mudah. Sorry to say that, bekerja dari rumah bukan untuk semua orang:-( Bekerja dari rumah sangat nyaman jika dibayangkan, namun memiliki sejumlah resiko. Selalu ada kemungkinan bisnis yang kita bangun mengalami kegagalan. Tapiii, jika kita melakukan pilihan yang tepat dan membuat dasar bisnis yang baik, kemungkinan untuk sukses sangat besar. Bisa dipastikan, memulai bisnis sendiri memiliki resiko. Tapi... keuntungan yang didapat bisa besar, bahkan SANGAT besar:-)

Jika kita memutuskan untuk bekerja dari rumah, ada beberapa keuntungan yang didapat. Sebagai awalan, tidak perlu bangun pagi, berkutat dengan kemacetan, berpacu dengan waktu untuk berangkat ke kantor. Siapa sih yang gak mau tidur sedikit lebih lama dari biasanya, tapi gak perlu takut telat? Semua orang yang bekerja mengalami hal ini.

Bekerja dari rumah artinya, kita memiliki kontrol penuh terhadap waktu dan bagaimana kita akan menghabiskan waktu. Tentunya hal ini seperti pisau bermata dua - jika kita bukan tipe orang yang pandai mengontrol dan mengatur diri. Kita akan terperangkap dalam kebimbangan tentang apa yang harus dilakukan, bahkan tidak melakukan apapun. Hal ini tentunya akan menyebabkan kegagalan pada bisnis yang tengah dirintis.

Jadi pertanyaan selanjutnya adalah, "Apakah kita cukup disiplin?" sebelum kita mengambil keputusan dan mulai bekerja di rumah. Bekerja di rumah kadang membuat kita sulit kesulitan memilih dan mengatur prioritas. Jika Anda tidak percaya dapat mendisiplinkan diri, mungkin sebaiknya menjadi pekerja di kantor lebih baik untuk Anda.

Tapi jika Anda memiliki keinginan kuat, sangat termotivasi untuk mengjar mimpi, Anda adalah orang yang tidak akan kehilangan apapun jika bekerja di rumah.

So, siap mengambil keputusan?

Tidak ada komentar: