Rabu, 23 Juli 2008

(Kenyaataan) Hidup memang tidak (selalu) sesuai dengan Keinginan

Kenapa siyy kok judulnya sedih begitu....Hiks...Mmg lagi sedih banget niy..Krn gw harus melakukan sesuatu yg 'bertentangan banget' dengan keinginan gw...
Apa siiy memangnya?
Melepas status gw yg udah amat sangat nyamaaaan banget jadi Work @ Home Mom..
Trus..balik lagi jadi pegawai... :(
Kok bisa....?????
Dulu sekitar setaunan yg lalu deh..waktu gw lagi pengeeeen banget balik kerja lagi....pernah 'titip' lamaran ke kantor nyokap..Krn udah lama banget gw pikir udah lewatlah kesempatannya...Belom lama nyokap pernah minta gw buat coba masukin lamaran lagi...dan gw dengan teges MENOLAK....Krn gw udah gak berminat...gw udah ngerasa nyaman dirumah...dan gw juga lagi mulai ngerintis usaha...
Dilalah Jumat kmrn ada telfon dari kantor nyokap...manggil interview hari Senin....Gw langsung bengong....Sbnrnya gw udah tau musti jawab apa..tapi gw gak bisa...kebayang deh reaksi mamah dan papah klo gw sampe nolak tu kerjaan....
Pas cerita sama Ayah, dia tangkep si kebingungan gw dan keinginan gw yg lebih condong utk gak terima kerjaan itu..Tp dia gak mau nantinya sama Bonyok dibilang ngelarang2 gw kerja lagi...So, akhirnya dia serahin keputusannya ditangan gw....Tambah bingunglah akhirnya... :(
Bener aja kan..pas gw sampein rasa keberatan gw ke bonyok, mereka langsung ngejawab lagi dengan seribu macem jawaban..yg intinya....gak ada alesan utk nolak....ini kesempatan langka yg sayang banget utk dilewatin...
Mereka gak mau denger pendapat gw bahwa yg paling penting adalah kedekatan gw sama Vito, materi itu cuma nomer sekian....lagian klo materi itu kan IAllah bisa didapet dari Khadija kan...
Tetep boook nggak ngaruh sama sekali....Vito itu bisa dijaga sama bokap nanti katanya...Tapi kan beda ya.... Mana gw lagi semangat2nya Home School lagi buat dia...
Senin kmrn akhirnya gw 'terpaksa' dateng interview....
Dan anehnya..ini gak kayak interview pada umumnya...cuma dikasih tau gambaran kerjanya gimana, gajinya berapa....trus udah..gw diminta pertimbangkan lagi....Loh....
Disitu gw merasa dapet 'angin seger'...berarti gw gak ada kewajiban dong utk terima kerjaan itu..wong dibalikin lagi ke gw kok mo diambil atw nggak....berarti kan keputusannya terserah gw...
Lagian..bukannya matre...gajinya itu sbnrnya gak bisa dibilang gede..walopun gak bisa dibilang kecil...Nah, itu musti dibagi lagi utk bayar pengasuh, masukin vito ke PG (mau gak mau kaaan...), transport...(makan siang si disediain), plus tetek bengek lain yg mustinya kan gak perlu....trus klo gitu berapa dong yg 'murni' kesisa......Hmm..sukur banget deh klo masih ada sisanya....
Gw sampein lah ke bonyok...Teteubbbbbbbbbb keukeuh supaya gw ambil itu kerjaan.. OH My GOSh (cinta laura deh gw..)...Musti pake bahasa apa lagi sih buat jelasin ke mereka klo gw gak mauuuuu...asli bete banget deh gw....
Padahal dari kecil gw udah berusahaa banget ngikutin apa mau mereka...dari kecil udah diwanti2 utk selalu dapet rangking disekolah..sampe akhirnya gw berontak pas SMA kan, males belajar banget..gara2 bokap kasih ultimatum supaya gw masuk A1..Haaaa? matematika aja gw nggak suka dan nggak ngerti.....
Kejadian lagi pas kuliah...keinginan gw buat kuliah di desain atau hubungan internasional.. atau hukum deh...sama sekali gak dibolehin....harus kudu masuk EKONOMI....alesannya biar cepet depet kerja....plis deh....mau nggak mau ngikut..abis siapa yg biayain kan....makanya nilai gw juga gak bagus2 amat waktu kuliah....IPK aja ngepas cuma 2,9..hiks...
Kmrn malem bokan nyokap ke rumah (sekalian anterin vito yg abis nginep). Trus ngomong heart to heart sama Ayah...
Ayah si udah bilang..dia terserah aku..krn dia gak mau aku terpaksa ngejalaninnya....

Tapi bokap ngomong, nyokap tuh udah ngusahain ini banget.....bla..bla...bla.....
Yg bikin tambah bete..bokap menganggap 'ibu rumah tangga' adalah sesuatu yg enggak banget...
kuper, nggak berwawasan, penampilan gak menarik....langsung gw bantah lah.....
"Biar dirumah aja gw masih bisa bergaul kok, lewat milis2.."
Malahan temen gw jauuh lebih banyak skrg drpd gw masih kerja dulu (yg paling2 cuma temen sekantor doang), wawasan gw tetep luas krn gw rajin baca buku, beli majalah, browsing, dan aktif di milis itu....trus apa krn dirumah terus jadi gak mikir penampilan...walopun dirumah gw cuma pake baju rumah yg kebanyakan daster dan teman2nnya..tapi klo udah kluar berusaha ttp rapi dan gaya..lagian kan gw consultant ORIFLAME...malu dong klo sampe penampilannya amburadul...
Tapi krn gw udah tau gimana karakter bokap, yg tetep keukeh sarekeh klo udah punya pendapat...akhirnya gw tinggal aja masuk kamar.....sebel....
Pas malem, gw shalat tahajud..sampe nangis2....eh, malahan kok jadi merasa b'dosa sama bonyok...
Gw tau kok maksud mereka baik, cuma gw gak suka aja sama cara mereka yg maksa2....gw pikirin lagi bener2.....Gw udah berbuat apa aja si utk mamah papah...belum banyak ya...apalagi dari segi materi...Emang si mereka pasti gak minta bales budi...tapi sebagai anak pasti kita pengeeen banget nyenengin orang tua seberapapun 'menyebalkannya' mereka. Ya mungkin ini salah satu cara buat nyenengin mereka..KIta kan nggak akan pernah tau sampe kapan kita dikasih kesempatan utk bisa sama-sama terus..umur siapa yg tau...dan gw pasti akan sangat menyesal klo sampe nggak sempet ngebahagian mereka....
Akhirnya pagi2 gw ngomong lagi sama Ayah....gw cuma minta restu dari dia aja..supaya dia ridho ngelepas gw kerja lagi...biar jalan gw gak berat....Ayah bilang, apapun yg gw lakuin dia pasti ngedukung kok...lagian dia juga gak tega liat bokap nyokap kemarin ngomongnya sampe melas gitu....Hiks......
Ya udah akhirnya tadi telfon kesana...bilang oke....Start kerja tgl 1......
Dan nyusun rencana lagi.. Karena smua yg udah direncanain otomatis berubah...HS buat Vito...aduh dengan sangat disayangkan gak bisa lagi gw jalanin...gantinya harus masukin dia ke PG....tp gw jg gak mau PG yg serius belajar...maunya yg masih main2 aja..biar dia gak beban...makanya lagi nyari2 yg pas niy..
Trus PR lain adalah nyari Pengasuh buat Vito...aduh ini yg palin susah..secara gw ma Ayah itu termasuk ribet banget ma yg gitu2..hati2 banget..gimana juga kan selama gw kerja walopun ada papah, ttp si pengasuhnya itu yg ngurus vito..papah palin cuma ngawasin...jangan sape aja salah pilih....apalgi skrg banyak kejadian aneh2...dan yg paling berat buat gw adalah...Bakalan cuma ktmu Vito pas weekend aja...Krn sehari2 nanti dia bakalan di Rempoa, dan gw ma Ayah nggak mungkin ninggalin rumah Pamulang kosong kan....Hiks...gimana rasanya ya..dari bayi ktmu mulu sama dia 24 jam sehari....jadi cuma pas wiken gitu....:(
Soalnya klo ninggalin dia di Pamulang sama Pengasuhnya aja...hiiii...Nggak deh.....
Ya mudah2an..semua bakalan berjalan dengan lancar..dan ini keputusan yg terbaik...krn kan yg terbaik menurut kita belum tentu baik menurut Allah, mungkin mmg harus begini jalnnya....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hai mba, salam kenal.. wah saya ngerti banget deh perasaan mba.. sy juga skrg sdng terjepit antara kerjaan dan anak, berat skali setiap harus ninggalin anak kerja.. sabar ya mba, mudah2an dilancarkan, sy juga akhirnya banyak2 pikir positif aja.. dulu pernah nonton Oprah, n ada satu kalimat yang sy inget ampe skrg, ga persis banget sih, intinya anak yg bahagia lahir dari ibu yg bahagia juga..jadi mba, tetep try to be happy ya apapun yg terjadi :)

Anonim mengatakan...

waaaah, curhat yang berat ya Nda??

Jangan dibawa susah, coba dijalanin dulu aja, sapa tau malah ada sesuatu dibalik ini semua ...

Maksud bonyok juga bener koq Nda ... ntar, kalo misal'e elu gag sanggup, tinggal mundur :)

btw, jadi pns ya jeng? kantor barunya dimana??

nanda mengatakan...

@ anonim
salam kenal juga mbak...hiks jadi terharu deh sama kata2nya..

@febby
hahaha..baru kali ini gw curhat ni..dan langsung 'telek' banget ya bow....
blom PNS jeng..masih honorer..kantornya deket kok di deket Al-Azhar...