Sabtu, 16 Agustus 2008

Suka Duka Bisnis Online

Bbrp waktu yg lalu dapet pelajaran yg berharga banget soal bisnis online...dan bener2 bisa dijadiin masukan utk kedepan....

Ternyata bisnis itu memang bukan perkerjaan yg mudah, apalagi klo dijalankan secara online, seperti yg aku lakuin ini..Krn memang masih hal yg lumayan baru ya....Jadi baik pelaku bisnis maupun si konsumen sendiri banyak yg belum sepenuhnya paham soal seluk beluk bisnis online ini...
Seperti yg kejadian yg baru aku alamin ini...

Jadi sekitar awal Agustus kemaren dapet pelanggan baru yg tiba2 telfon nanyain soal koleksinya Khadija. Nggak tanggung2 blio ini bukan dari Jakarta loh, tp dari Palembang..
Nah, setelah telfon2an, dia langsung order sebanyak 1 kodi....wuih hati langsung berbunga2 banget...Apalagi blio nggak banyak maunya ya...Motif dan ukuran semua diserahin ke aku. Sebelumnya dia udah tanya2 detail banget soal jenis bahan, trus ukuran2nya, dan aku juga dah jelasin sedetail mungkin...Jangan sampe aja kan nanti pelanggan kecewa...Krn blio sudah OK dan mengerti semua yg aku jelasin, aku langsung packing semua orderan blio utk segera dikirim besoknya....Kbtulan juga barusan ada yg order dari Menado sebanyak 1 kodi juga...Dan tambahan orderan dari Palembang itu bener2 bak durian runtuh buatku.. Jadi lengkaplah kebahagiaanku hari itu... :)

Besoknya, langsung aku kirim lah paket2 itu.....dari dua jasa pengiriman yg berbeda.....yg Manado ada special request utk kirim via jasa pengiriman langganannya....padahal lumayan jauh si tempatnya...Tp demi memuaskan pelanggan, aku ikutin.....
Nah yg Palembang ini, aku kirim pake jasa pengiriman yg biasa aku pake...
Tapi ternyata yg di Palembang ini, mungkin krn belom familiar dg bisnis online, besok paginya udah nanyain kapan barang dateng..aku minta dia sabar nunggu, solanya aku kirim pake yg urgent kok..pasti nyampe hari itu, tp mungkin mmg agak siang...

Siangnya dia sms, malah nanya alamat aku....Aku blom curiga apa2 si cuma bingung aja si...kok yg awalnya kyknya asik2 aja malah jadi cerewet gini si...
Eh, ternyata barang dah nyampe....dan dia ngerasa kecewa gitu...ktnya kok gak sesuai dengan bayangan dia.....dan dia mo balikin aja semua......
Der!!!! Kyk di hantem apaan tau deh pas denger dia ngomong gitu...Loh kok....kmrn kan udah dijelasin secara detail mengenai bahannya dsb....dan dia kmrn dah oke...kok dia malah nyebutin jenis bahan yg berbeda, yg sama sekali dia gak sebut2 kmrn....Sebenernya tuh aku pengen maraaaah bangeet...cuma aku tahan emosiku....jangan sampe lah malah reputasiku jadi jelek..(walopun sebenernya aku rasa aku pantes kok utk marah)... Akhirnya aku setujuin aja klo dia mo balikin, tp aku minta barang dikirim balik dulu baru uangnya aku kembaliin...(iyalah, utk mencegah hal2 yg gak diinginkan)...

Tapi....Emang aku harus bener2 sabar banget ngadepin yg satu ini....
Sampe senin, barang blom aku terima...(dia kirim balik lagi hari sabtu itu jg katanya), tp gak percaya gitu..katanya dia kirim barang juga ke jogja kok dah nyampe...Ya masa iya sih aku mo nipu..ngapain juga coba kan...Yg paling aku gak suka lagi, dia sempet telfon kerumah, kbtulan Mamah yg ngangkat..dia malah jelek2in koleksi daganganku itu....Aduh gemes banget deh..Ok klo mmg dia kecewa...tp mustinya dia juga punya etika dong utk gak ngomong kyk gitu....Lagian dia aja kok yg beranggapan kyk gitu...So Far, Alhamdulillah aku belom pernah dapet complain dr mana2..klo kasih masukan mmg bayak..tp yg seekstrim dia sama sekali nggak ada....
Sempet yg shok berat....dilalah kok pas aku mulai kerja, malah dapet cobaan dibisnis aku....

Trus sempet curhat sama Mia... Dia nyuruh aku sabar....malahan dia bilang..pasti diganti...krn menurut pengalaman dia, klo ada yg retur barang, eh gak lama..ada yg nyari barang tsb......
Beneran loh...bbrp hari setelah kejadian itu, dua orang pelanggan lama aku, yg udah lama banget gak contact..tiba2 order lagi....Percaya atau nggak......Satu Kodi pesenan si ibu yg dari Palembang itu langsung ludes nggak bersisa....Allhamdulillah..Memang Allah maha Adil ya....
Tapi dari kejadian itu aku banyak banget dapet pelajaran berharga:

  1. Klo ada pelanggan yg baru pertama kali order, harus bener2 dipastiin dia bener2 ngerti sedetail2nya mengenai produk yg akan dia beli....Krn ini kan beda dengan bisnis konvensional, dimana pembeli bisa liat dan pegang langsung barangnya. Klo ini harus pinter2 yg jualan utk mendeskrisikan produknya secara detail....sehingga pembeli bener2 paham..
  2. Better minta dia beli sample dulu, nggak langsung order banyak utk menghindari kekecewaan dari kedua belah pihak
  3. Harus berani argumen klo memang kita sudah sesuai dengan prosedur.. Memang ada pepatah yg bilang pembeli adalah Raja..Tapi bukan berarti dia bisa seenaknya kan..Krn yg namanya proses jual beli kan harus menguntungkan kedua belah pihak, bukan hanya satu pihak saja...
  4. Jangan cepet putus asa menghadapi kejadian2 'Luar Biasa'....Krn klo rejeki nggak akan kemana kok.... :)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah mba, makasih banyak nih sharingnya, secara belum ngalamin kejadian kaya gini, dan terbayang deh gimana kesel, bingung dan marahnya kita.
Btw itu bisa jadi modus penipuan juga ya? Minta kirim barang, trus pas return bilang barang dah dikirim, sambil maksa kita cepet-cepet transfer uang. Duh...kebayang kesabarannya musti berlipat2. Makanya aku kalo ada yang telpon tiba-tiba langsung mau pesan banyak (ribuan), aku malah waspada.

luvly7 mengatakan...

Wah, hebat ya Nda, sekali pesen pada kodi2an gitu yaaa??
ck ck ck ...

bakat pengusaha emang gag kemana yaaa

kalo gue siy kyknya gag bakat deh gitu2 ... hihihihi :)